Strategi diversivikasi |
Strategi
Diversivikasi adalah strategi yang dilakukan pengusaha/produsen/perusahaan
untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk
yang sudah dipasarkan sebelumnya. Strategi Diversivikasi dibagi menjadi 3 yakni
:
a.
Strategi Diversivikasi Konsentris
Dijalankan dengan menambah produk baru yang masih
terkait dengan produk yang ada saat in baik keterkaitan dalam kesamaan
teknologi, pemanfaat fasilitas bersama ataupun jaringan pemasaran.
b.
Strategi Diversivikasi Horisontal
Yaitu dengan menambah produk/jasa baru yang tidak
berkaitan dengan produk/jasa sebelumnya bagi pelanggan yang sudah ada. Umumnya
dipakai bila saluran distribusi yang ada bisa dipakai untuk memasarkan
produk/jasa baru kepada pelanggan lama.
c.
Strategi Diversivikasi Konglomerasi
Yaitu penambahan produk baru dan dipasarkan dipasaran
baru yang tak terkat dengan yang ada saat ini. Ide dasar strategi ini terutama
pertimbangan laba.