Strategi Integrasi |
Stragei integrasi
adalah strategi yang menyatukan beberapa rentang bisnis mulai dari hulu,
jaringan pemasok hingga hilir, jaringan distributor serta secara horisontal
kearah pesaing.
Strategi integrasi
dibagi menjadi 3 :
a.
Integrasi kedepan
Strategi yang dijalankan dengan meraih kendali atas
jalur distribusi mulai dari distributor, pengecer, retail sampai pengguna
akhir. Wujud dari kendali atas jalur distribusi adalah mendirikan sendiri jalur
distribusi, memperoleh kepemilikan atas jalur distribusi. Sebagai contoh PT
Astra yang menguasai jalur distribusi suku cadang alat dari hulu hingga hilir.
b.
Integrasi kebelakang
Digunakan dengan memperoleh kepemilikan atau
meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok, baik manufaktur maupun retail
yang membutuhkan bahan baku dari pemasok. Sebagai contoh PT. Gudang Garam yang
mempunyai pabrik kertas rokok diluar negeri dan selain itu juga mempunyai
pabrik didalam negeri dengan nama PT Surya Zig Zag
c.
Integrasi horisontal
Strategi ini mengarah pada strategi yang memperoleh
kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pesaing. Cocok sekali
digunakanan secara signifikan dalam strategi pertumbuhan. PT Indofood Sukses
Makmur yang populer membeli merk dagang Supermi.