July 07, 2015

Bagaimana Strategi Diversifikasi itu ? Simak ulasan lengkap artikel berikut

Bagaimana Strategi Diversifikasi itu ? Simak ulasan lengkap artikel berikut

Bagaimana Strategi Diversifikasi itu ? Simak ulasan lengkap artikel berikut-Strategi Diversifikasi (Diversification Strategy) Sebenarnya ini adalah tipe strategi yang kurang begitu popular karena sulitnya memanage aktivitas bisnis yang berbeda. Ada 3 bentuk strategi diversifikasi yakni: strategi diversifikasi konsentris; horizontal, dan konglomerasi.   

a. Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategy)

Dijalankan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini. Keterkaitan dalam hal: kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran yang sama. Pedoman keberhasilan strategi diversifikasi konsentris adalah: - Bersaing dalam industri yang tidak atau rendah pertumbuhannya - Adanya produk baru yang terkait dengan produk yang ada saat ini dapat menaikkan penjualan produk yang ada - Produk baru ditawarkan pada harga yang kompetitif - Produk yang ada saat ini berada pada tahap penurunan dalam daur hidup produk - Memiliki tim manajemen yang kuat Contoh: 

1. Perusahaan mobil seperti Suzuki dan Honda juga memproduksi sepeda motor, 
2. Kelompok usaha kompas gramedia masuk ke bisnis penerbitan (elexmedia komputindo), took buku (gramedia) dan pentiaran ( radio Sonora dan TV7) 

b. Strategi Diversifikasi Horizontal (Horizontal Diversification Strategy) 

Strategi diversifikasi horizontal adalah strategi menambah atau menciptakan produk baru yang tidak terkait dengan produk saat ini kepada pelanggan saat ini. Dasarnya adalah, bahwa perusahaan sudah sangat familiar dengan pelanggannya saat ini dan pelanggan saat ini sangat loyal dengan merk/brand perusahaan. Pedoman yang akan menjamin keberhasilan strategi diversifikasi horizontal adalah: - tambahan produk baru akan meningkatkan revenue secara signifikan - tingkat kompetisi yang tajam dalam industri yang tidak tumbuh, margin dan return rendah - Saluran distribusi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan - Produk baru dapat mengkompensir pola penjualan yang siklikal Contoh: 

1. PT.Bank Lippo, Tbk sebagai cikal bakal group lippo memutuskan untuk bergerak di sector property seperti lippo karawaci, lippo cikarang. 
2. PT.Maspion Intonesia memiliki PT.Bank Maspion Indonesia, Maspion securities, dan Maspion money changer. 

c. Strategi Diversifikasi Konglomerasi (Conglomerate Diversification Strategy)

Penambahan produk baru dan dipasarkan pada pasar baru yang tak terkait dengan yang ada saat ini. Ide dasar strategi ini terutama pertimbangan profit. Untuk menjamin strategi diversifikasi konglomerasi efektif, ada beberapa pedoman yang perlu diikuti, yakni: 
- Terjadi penurunan penjualan dan profit 
- Kemampuan manajerial dan modal untuk berkompetisi dalam industri baru 
- Tercipta sinergi financial antara perusahaan yang diakuisisi dengan yang mengakuisisi 
- Pasar bagi produk saat ini sudah jenuh 
- Ada peluang untuk membeli atau memperoleh bisnis baru yang tak terkait yang memiliki peluang investasi yang menarik
- Jika ada tindakan antitrust atas bisnis yang terkonsentrasi pada bisnis tunggal 

Contoh: 
1. PT.Bank Lippo, Tbk sebagai cikal bakal group lippo memutuskan untuk bergerak di sector property seperti lippo karawaci, lippo cikarang. 
2. PT.Maspion Intonesia memiliki PT.Bank Maspion Indonesia, Maspion securities, dan Maspion money changer. 
Disqus Comments