September 22, 2013

Manfaatkan waktu-waktu agan dengan baik

Manfaatkan waktu-waktu agan dengan baik
Manfaatkan waktu-waktu agan dengan baik - Waktu tidak akan terulang kembali. Waktu sering kali kita gunakan untuk hal2 yang tidak bermanfaat pada dirikita. Memanfaatkan waktu dengan baik itu tidak lepas dari manajemen waktu yang baik juga. Seperti gaya hidup zaman sekarang bahwa memanfaatkan waktu identik dengan bekerja keras sampai larut malam. Namun, dalam beberapa penelitian bekerja sampai larut malam ternyata malah merusak kesehatan kita. Berikut manajemen waktu yang bisa kita praktekan sendiri untuk tubuh kita :

Waktu itu tidak selalu ada guys
Ya benar, sering kali kita berfikir bahwa kita dapat mengerjakan sesuatu yang harusnya dikerjaakan saat itu juga namun diundur sampai menabrak waktu yang seharusnya tidak untuk pekerjaan ini. Maka dari itu, waktu adalah prioritas.

Rutinitas untuk tubuh agar selalu beradaptasi
Kegiatan yang dilakukan rutin akan membuat tubuh menaati apa yang selalu dilakukan nya. Bayangkan seperti bangun pagi. Jika kita terbiasa melakukan nya dengan tertib, tidak salah tubuh kita akan mematuhki dan tak pernah bangun kesiangan.

Menambah jam kerja? Tidak.
Dengan menambah jam kerja, bukan berarti semua kerjaan kita cepat selesai. Malah rasa lelah dan stress yang akan kita dapatkan. Manfaatkan jam kerja yang telah disediakan. Dan ingat, berpikirlah bahwa waktu adalah kendalanya agar kita tidak menyepelekan waktu yang ada.

Kerjakan pekerjaan yang lebih penting.
Kerjakan pekerjaan sesuai prioritasnya. Jangan melakukan penundaan terhadap tugas yang sudah menjadi prioritas Anda.

Membuat rencana kegiatan
Untuk manajemen waktu, kita harus menulis rencana-rencana kegiatan apa saja yang seharusnya kita lakukan. Dengan to-do list, kita bisa menuliskan rencana-rencana tersebut dan menandai mana yang sudah kita laksanakan dan mana yang belum.

Menentukan “deadline” semuanya.
Jangan biarkan tugas masuk tanpa batas. Kita harus menentukan deadline untuk semua pekerjaan kita.

Tulis semua yang mengalihkan pikiran kita.
Intinya adalah jika kita menulis semua yang dapat mengalihkan pikiran kita, mereka akan berhenti membayang-bayangi pikiran kita sehingga kita dapat focus di pekerjaan kita.

Lupakan apa yang terjadi kemarin.
Kecuali hutang, kemarin ya kemarin. Pikirkan untuk hari ini dan esok hari.

Rencanakan
Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai aktivitas Anda sebelum Anda selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam hari Anda adalah saat dimana Anda merencanakannya.

Istirahat cukup
Rencanakanlah waktu untuk beristirahat, menarik diri dari semua kesibukan yang Anda miliki.
Disqus Comments