January 26, 2013

Mengatasi eror 38 Pada CorelDraw

CorelDraw Graphics Suit saya suite tiba tiba eror. Adapun pesan eror dari CorelDraw Graphics Suit saya "CorelDRAW: Product installation unsuccessful, please reinstall (Error 38)". Eror 38 pada CorelDraw Graphics Suit ini terjadi karena Protexis Licensing V2 yang ada pada service windows anda tersebut berhenti atau tidak sengaja di disable.
Protexis Licensing V2 merupakan bagian dari service DRM dan lisensi software, yang tujan utamanya adalah menjaga agar software atau aplikasi tersebut bebas dari pembajakan atau ilegal copi. Protexis Licensing V2 ini biasa terdapat dalam sofware-software dalam Corel, semisal seperti  Corel Paint Shop Pro Photo X2, Corel Paint Shop Pro XI (X1), Corel Paint Shop Pro X.
CorelDraw
Ketika Protexis Licensing V2 ini berhenti maka eror "CorelDRAW: Product installation unsuccessful, please reinstall (Error 38)" pasti akan selalu muncul saat membuka CorelDraw Graphics Suit anda. Untuk itu anda harus mengaktifkannya lagi. Ikuti langkah untuk Mengatasi eror 38 Pada CorelDraw :

  1. Klik Start
  2. Klik Run, atau jika tidak ada kombinasi tombol windows pada keyboard dengan huruf R
  3. ketikan services.msc
  4. Cari dibagian bawah Protexis Licensing V2
  5. Klik 2X
  6. Pilih Automatic > Apply
  7. Pilih Start > OK
  8. Jalankan CorelDraw Graphics Suit anda
Disqus Comments